Cara Membuat GRC Krawangan

Cara Membuat GRC Krawangan - Bagaimana Cara Membuat GRC Krawangan ? sebelum membahawa itu alangkah baiknya Anda simak hingga selesai. GRC KRAWANGAN adalah sebuah produk GRC (GlasFiber Reinforce Cement) yang mempunyai karakter banyak berlubang pada produk panelnya dan dengan desain yang sedemikian rupa, sehingga GRC krawangan ini pada biasanya berfungsi atau peruntukannya sebagai peredaran udara dan sinar natural, kecuali sebagai jalanan peredaran dan udara, GRC krawangan ini betul-betul penting untuk memperindah tampilan (fasad) gedung /bangunan, serta berfungsi sebagai pemisah ruangan pada zona interior.

Produk GRC krawangan pada biasanya acap kali digunakan untuk fasad bangunan mesjid, dalam hal ornamen dalam bangunan berkarakteristik ini betul-betul fleksibel diterapkan dalam wujud desain ornamen motif apa saja, acap kali halnya dalam arsitektur mesjid di segala dunia, untuk di Indonesia (segala nusantara) telah banyak yang memakai material GRC krawangan untuk bangunan mesjid.

Simak juga : Grc Board Untuk Dinding Luar

Standart ukuran GRC krawangan Single Scane yakni 4 cm, dan GRC krawangan Double Scane 8 cm, melainkan tak menutup kemungkinan seandainya ada permintaan khusus dengan ketebalannya.

Cara Membuat GRC Krawangan

Cara Membuat GRC Krawangan
Cara Membuat GRC Krawangan

Berikut sebagian proses pembuatan produk panel GRC antara lain :

1. Berbentuk panel lembaran (ukuran/dimensinya disesuaikan dengan keperluan di lapangan)

2. Terdapat banyak lubang sebagai jalan masuk utilitas/entilasi udara dan sinar

3. Ketebalannya tergantung pada keperluan, melainkan dilapangan banyak tersedia dengan ketebalan     3 - 5 cm, Berat GRC panel krawang rata-rata yakni 40 Kg/m2 dengan ketebalan 4 cm

4. Terdapat plat tanam atau angkur tanam pada tiap-tiap sisi samping untuk cara joint antar satu panel krawangan dengan panel yang lain.

5. Lazimnya pada sisi depan permukaannya lebih halus ketimbang sisi belakang, hal ini berhubungan dengan cara cetak GRC.

Mengingat fungsi produk panel GRC trawangan kecuali untuk fungsi utilitas, produk GRC ini juga untuk menghias suatu bangunan arsitektural. Ornamen krawangan GRC umumnya mempunyai desain dengan wujud yang berulang-ulang/repetisi motif yang betul-betul berbagai.

Hal ini dikarenakan bahan material GRC betul-betul fleksibel untuk disusun dan dicetak layak desain yang diharapkan. Sebagian motif yang awam di aplikasikan pada produk krawangan ini ialah motif minimalis dan lain-lain. Sebagian teladan existing GRC perforated screen panel (GRC Panel Krawangan).

Mesjid memakai krawangan untuk dekorasi interior ataupun eksterior, umumnya motif ornamen GRC krawangan yang dipilih ialah motif Arabic, melainkan tidak jarang juga ada yang memakai maroko atau absurd. GRC Krawangan dipilih sebab bahan GRC yang sifatnya Ringan dan Gampang disusun layak dengan selera motif krawangan, walaupun motifnya yang betul-betul terperinci tingkat kesusahannya sekalipun. Dibawah ini ialah beberapa dari motif ornamen GRC Krawangan yang umumnya diterapkan dalam dekorasi mesjid.

Dalam kemajuan era modernisasi motif ornamen GRC krawangan telah mengalami perkembangan meniru zaman yang modern ini. Pada zaman dulu GRC Krawangan berfungsi untuk ventilasi udara dan kecuali itu sebagai jalannya cahay luar yang masuk kedalam ruangan. 

Tujuan hal yang demikian kini telah beralih untuk dekorasi, disesuaikan dengan keperluan konsep dekorasi ruangan /bangunan yang akan menjadi menawan dalam suatu tampilan. sekian artikel dengan judul Cara Membuat GRC Krawangan, semoga dapat membantu Anda dan tentunya bermanfaat untuk menambah wawasan serta bahan edukasi untuk Anda semua.
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar