Cara Kerja Truk Molen

Cara Kerja Truk MolenTruk Molen atau Concrete Mixer Truck adalah kendaraan yang dipakai untuk mengangkut adukan beton readymix dari produsen atau lokasi pencampuran ke lokasi proyek konstruksi. Selama dalam perjalanan, beton readymix akan terus diaduk menggunakan alat ini untuk menjaga adukan beton tetap homogen serta tidak mengeras saat sampai di lokasi pengecoran. Berikut adalah cara kerja truk molen.

Cara kerja truk molen adalah dengan memanfaatkan drum atau wadah yang terdapat bilah-bilah baja di dalamnya. Didalam truk ini akan diisi oleh bahan material kering dan air yang kemudian akan melalui proses pengadukan. Wadah ini akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Pengadukan bertujuan untuk menjaga kekentalan beton cor yang berada dalam truk melalui proses memutarkan wadah beton cor. Melalui spiral pisau searah yang terbuat dari baja, beton akan diaduk hingga sampai pada lokasi pengecoran. Perputaran ini bertujuan agar tidak terjadi pemisahan material sehingga adukan tetap terjaga kualitasnya. Jika sudah sampai di lokasi proyek, maka wadah ini akan diputar balik sesuai dengan arah jarum jam. Kemudian kecepatan putaran akan dipercepat agar adukan beton keluar.
Apabila dalam penyaluran beton ke lokasi pengecoran mengalami kesulitan karena tidak terjangkau truk molen, biasanya akan digunakan alat penunjang yang disebut concrete pump. Concrete pump akan membantu menyalurkan adukan beton cor melalui pipa-pipa beton ke lokasi pengecoran yang susah dijangkau oleh truk molen.

Simak juga : Kapasitas Molen Beton

Pada umumnya truk molen tidak akan melakukan perjalanan lebih dari 2 jam. Standar yang diterapkan di lapangan adalah truk molen harus sudah sampai ke lokasi proyek yang membutuhkan beton kurang lebih dalam waktu 90 menit perjalanan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pengerasan beton yang terjadi akibat terlalu lama di perjalanan. Oleh karena itu truk molen rata-rata akan melaju pada kecepatan 90 kilometer per jam.

Truk molen sangat bermanfaat bagi pekerjaan konstruksi utamanya yang membutuhkan kegiatan pengecoran. Sekian informasi mengenai cara kerja truk molen, semoga bermanfaat.


Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar