GRC Board Motif Kayu (Terbaru)

GRC Board Motif Kayu - GRC sendiri ialah sebuah produk precast atau pracetak dari beton yang di-mixed dengan serat fiberglass. Keuntungan produk GRC adalah lebih ringan sekiranya dibandingi dengan produk beton pracetak pada biasanya dan dapat dibuat lebih tipis sebagai papan GRC atau GRC Board atau panel GRC. GRC Motif Kayu ini salah satu varian yang eksklusif dan elegan, karena memberi kesan sederhana dan minimalis. GRC Board Motif Kayu ini juga diklaim lebih bendung / tahan ketika menghadapi berbagai situasi cuaca, bagus hujan, panas, bahkan iklim salju.

GRC Board ialah salah satu bahan yang populer digunakan untuk industri konstruksi, dan menjadi alternatif pertama bagi banyak arsitek, insinyur, maupun pengembang saat mencari cara cladding kontemporer. Produk yang mempunyai fungsi aplikasi seperti dinding luar, partisi, atau plafon tersebut hadir dalam bermacam motif, salah satunya motif kayu, dan sekarang ditawarkan dengan harga bervariasi, tergantung ukurannya.

Simak juga : Ukuran GRC Plafon

Berdasarkan GRC Kharisma Perkasa, produk ini mempunyai karakteristik yang sangat istimewa, dan hal inilah yang menjadikan GRC lebih diminati oleh konsultan dan kontraktor di Indonesia. Pasalnya, GRC memiliki sifat yang efisien dan fleksibel serta benar-benar baik untuk digunakan dalam berbagai desain arsitektur, bagus di sektor eksterior maupun di bagian interior.

Sementara, menurut GRC Board Gemilang Karya, GRC board mempunyai sebagian keunggulan sekiranya diterapkan dalam desain interior ataupun eksterior bangunan. Bahan ini diklaim ringan, tahan kepada kelembapan (malahan air), tak mudah lapuk, bendung kepada jamur dan rayap, serta sungguh-sungguh sesuai dengan area berair, seperti kamar mandi, dapur, atau selasar.

GRC Board Motif Kayu

GRC Board Motif Kayu
GRC Board Motif Kayu
Di samping itu, GRC juga dikatakan memiliki tampilan yang kokoh, sehingga bendung kepada benturan ringan. Material ini bahkan memiliki kemudahan dalam perawatan, bisa dikreasikan dengan bentuk atau pola desain yang kompleks, bisa dicetak dalam format apa saja, mudah plus ringan dan fleksibel dalam hal pemasangan, bendung kepada perubahan cuaca, tahan kepada api, awet atau tahan lama, serta sungguh-sungguh cocok dengan profil untuk gaya arsitektur minimalis ataupun klasik.

Simak juga : Harga Plafon GRC 4mm

Pada pemasangan GRC board, bisa digunakan di rangka kayu atau metal galvanis. Selain itu, dapat pula diaplikasikan dengan metode flush joint atau tanpa sambungan dan cara nut atau express joint. Produk-produk yang bisa diciptakan mengaplikasikan GRC ini di antaranya kubah masjid, menara, list plang, tiang GRC, cover column, roster, ornamen, profil GRC, lukisan awan dan kaligrafi, hingga cladding.

Perbandingan GRC dan Gypsum

Dalam dunia konstruksi atau bangunan, bahan GRC memang kerap dibandingi dengan material gypsum, khususnya untuk pembuatan plafon rumah atau gedung. Untuk plafon GRC, bahan utamanya mengaplikasikan campuran dari serat dan semen, dengan ukuran sekitar 60 x 120 cm dan ketebalan 4 mm. Plafon GRC ini biasa dipasang dengan rangka kayu 4/6 atau 5/7 atau hollow 40/40.

Beberapa keunggulan plafon dengan GRC yakni kuat dan bendung bocor. Melainkan, secara harga, plafon GRC lebih mahal dibandingkan dengan plafon gypsum. Walaupun demikian, bila diamati secara masa pengaplikasian yang lebih panjang, maka plafon GRC bisa dikatakan lebih murah kalau dibandingkan dengan plafon dari gypsum.

Di Tanah Air sendiri, pengaplikasian bahan GRC memang masih sebatas cuma untuk plafon saja, dengan pemasangan yang membutuhkan waktu lama sehingga semestinya mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Sementara, di luar negeri, aplikasi GRC sudah lebih luas, yang mencakup untuk siding dan pelapis lantai kamar mandi atau dapur.

Nah, untuk plafon dari bahan gypsum, memiliki sebagian kelebihan, seperti pemasangan yang betul-betul mudah dan pesat. Kecuali itu, plafon dari bahan gypsum juga diklaim memiliki sifat non-combustible atau bendung terhadap api, sehingga jika terjadi kebakaran, tidak akan kencang menyebar ke komponen lain. Kombinasi dengan rangka metal juga akan mewujudkan plafon gypsum sebagai struktur yang kokoh.

Video GRC Board Motif Kayu



Tapi lain yang disukai para arsitek dan desainer dari bahan ini adalah kemudahan dalam menyusun gypsum menjadi seluruh wujud yang estetis, kecuali finishing yang rapi (sambungan tidak terlihat). Gypsum juga mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan bahan GRC. Padahal, material tersebut mempunyai kekurangan, yakni sifatnya yang tak tahan air. Sedangkan ada beberapa pabrikan yang sudah membuat gypsum board yang bendung air (water resistant), yang dapat digunakan untuk kamar mandi, tetapi harganya di pasaran relatif mahal.

Demikian artikel dengan judul GRC Board Motif Kayu, jadi memang benar adanya GRC yang bermotif kayu ini dan membuat pembeli akan tertarik dengan produk dari grc board tersebut.

Sumber : harga web id
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar