Jenis Triplek Untuk Lemari (REKOMENDASI)

Jenis Triplek Untuk Lemari - Memang jenis triplek cukup banyak macamnya, namun yang cocok untuk lemari bisa Anda simak ulasan ini hingga selesai. Ada 3 macam jenis triplek sebagai bahan pertimbangan yang bagus untuk dibuatkan lemari, yang pertama particle board, multiplek dan blockboard. Sebenarnya jenis triplek masih ada yang lain jenisnya namun disini kami pilih 3 jenis dari sekian banyak macam jenis yang ada.

Kenapa kami memberikan 3 jenis triplek ini untuk lemari, karena kemungkinan cocok dengan struktur lemari yang simple dan tebal. Hanya sebuah refrensi saja apabila bagi Anda yang belum tahu deskripsi dari ketiga jenis triplek tersebut, mari kita simak satu persatu berikut ini :

Jenis Triplek Untuk Lemari

Jenis Triplek Untuk Lemari
Jenis Triplek Particle Board
1. Deskripsi Jenis Triplek Particle Board :

Particle board tercipta dari serbuk atau gergajian kayu kasar yang kemudian dibaur dengan memakai bahan kimia kemudian ditekan dengan memakai mesin bertekanan tinggi. Particle board seringkali berbentuk papan. Particle board mempunyai kualitas yang rendah dikomparasikan dengan jenis triplek yang lain.

Simak juga : Harga Lis Plafon Kayu

Particle board ini paling rentan dan mempunyai kualitas yang rendah. Particle board pun tidak tahan terhadap air dan semakin lama bakal semakin melengkung. Bahan ini tidak sedikit digunakan guna bahan furniture dengan harga yang paling terjangkau dan pun ekonomis. Banyak sekali furniture yang tercipta dari particle board ini dengan desain yang unik dan pun cantik. Namun pasti saja daya ketahanannya pun rendah.

Selanjutnya kita simak deskripsi singkatnya dari jenis triplek multiplek,


Jenis Triplek Untuk Lemari
Jenis Triplek Multiplek
2. Deskripsi Jenis Triplek Multiplek

Multiplek mempunyai ciri yang nyaris serupa dengan particle board. Perbedaannya terletak pada kualitas yang ditawarkan. Multiplek terbentuk dari serbuk kayu yang halus yang kemudian dibaur atau digabungkan  dengan bahan kimia dan dipress dengan memakai mesin yang bertekanan tinggi.

Multiplek mempunyai ciri-ciri yang lebih kuat dikomparasikan particle board sebab bahan yang dipakai lebih bagus dan pun mempunyai tingkat kepadatan yang lumayan tinggi. Bahan multiplek dapat termasuk bahan yang lebih tahan lama dari pada particle board. Bahan dengan memakai multiplek ini pun dapat bertahan sampai berpuluh tahun tergantung dari teknik perawatannya. Apabila diasuh dengan baik, pasti saja bakal lebih tahan lama dan bertahan lama. 

Multiplek juga tidak sedikit dicari oleh semua pengusaha kayu atau semua pengrajin kayu disebabkan harganya lebih murah dikomparasikan dengan kayu solid. Namun, harga multiplek ini lebih mahal dikomparasikan dengan harga particle board.

Dan yang terakhir ialah deskripsi jenis dari triplek blockboard.


Jenis Triplek Untuk Lemari
Jenis Triplek Blockboard
3. Deskripsi Jenis Triplek Blockboard :

Jenis yang ketiga dari triplek ialah blockboard. Bahan dengan blockboard ini sangat bertolak belakang sekali dengan bahan yang dipakai pada particle board ataupun multiplek. Blcokboard tidak memakai bahan dari serbuk atau gergajian kayu, namun memakai potongan-potongan kayu dengan ukuran yang kecil yang kemudian dibulatkan atau direkatkan dengan memakai lem yang berkualitas. 

Lem yang dipakai adalahlem jenis yang khusus. Setelah direkatkan, blockboard tersebut lantas ditekan atau dipres dengan memakai mesin bertekanan.

Blockboard harganya lebih mahal dikomparasikan jenis triplek yang lainnya. Kualitas yang ditawarkan dari blockboard ini pasti saja lebih tahan lama dan tahan lama. Selain tersebut bahan ini pun tidak gampang melengkung. Bahan blcokboard juga tidak sedikit digunakan sebagai bahan furniture atau mebel dengan harga yang mahal pula. Bahan yang dipakai untuk penciptaan blockboard seringkali terbuat dari kayu meranti dan jenis kayu solid lainnya sampai-sampai bahan ini lebih powerful dan pun awet.

Sekarang Anda sudah tahu dari 3 jenis triplek diatas, jadi kami simpulkan yang cocok jenis triplek untuk lemari ialah jenis dari triplek blockboard. Karena struktur bahannya lebih tebal dan keras otomatis akan jauh lebih awet tahan lama dan terhindar dari keropos / lapuk.

Demikian artikel tentang jenis triplek untuk lemari ini, semoga dapat menambah wawasan Anda sekaligus sebagai bahan edukasi dibidang material building.




Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar