Pipa Concrete Pump

Pipa Concrete Pump - Concrete Pump atau pompa beton merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memindahkan beton. Alat yang satu ini bisa berupa pompa portable atau yang juga dikenal sebagai pompa kodok yang ditarik dengan kendaraan lain atau berupa kendaraan dengan desain khusus untuk mengangkut pompa tersebut dan untuk jenis ini biasanya dikenal dengan concrete pump truck.
Sesuai dengan fungsinya, alat ini biasanya bekerja dengan truk molen/truk mixer. Untuk concrete pump truck, desainnya dilengkapi dengan pompa yang memiliki lengan/pipa atau sering juga disebut dengan boom. Fungsi pipa ini untuk mengalirkan campuran beton ready mix ke lokasi yang sulit dijangkau dengan cara dipompa ke lokasi cor.

Pipa Concrete Pump

Pipa Concrete Pump
Pipa Concrete Pump

Pipa concrete pump memiliki panjang yang bervariasi dan ketika pengecoran berada di tempat yang tinggi, pipa concrete pump akan disambung secara vertikal sehingga ketinggian yang diinginkan bisa dijangkau.

Menggunakan concrete pump memiliki banyak sekali manfaat, seperti memiliki waktu yang lebih hemat, praktis digunakan, hemat tenaga, dan masih banyak yang lainnya. Hematnya waktu saat menggunakan alat ini terjadi karena flow pompa saat membawa beton ke lokasi cor berjalan dengan stabil. Cara ini dinilai lebih cepat jika dibandingkan dengan cara memindahkan adukan beton dengan tenaga manusia yang biasanya dilakukan dengan memakai ember.

Alat ini juga memperkecil risiko segregasi sehingga tidak salah jika saat ini banyak sekali yang menggunakan concrete pump sebagai alat saat membangun bangunan.

Yang harus diperhatikan saat menggunakan concrete pump adalah slump beton. Kerja pompa akan semakin berat jika adukan beton kental. Ukuran yang relatif aman untuk digunakan menggunakan concrete pump adalah 12 +/-2.

Meskipun praktis, alat ini harus tetap digunakan dengan hati-hati karena keberadaannya sangat penting saat proses pembangunan. Jika ada kendala pada concrete pump atau bahkan alat tersebut rusak, maka waktu penyelesaian sebuah pembangunan menjadi tidak tepat waktu. Dengan begini, proses pembangunan menjadi lebih lama.

Itulah sedikit ulasan tentang pipa concrete pump. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar